Thu, 24 Aug 2023

5 Tips Diet Sehat dan Mudah yang Perlu Kamu Ketahui

Beragam makanan khas yang disajikan saat Idul Fitri identik dengan berbagai cemilan, kudapan, sampai makanan berat berkuah santan yang tinggi lemak. Jika dikonsumsi secara berlebihan kamu akan rentan mengalami kenaikan berat badan secara drastis. Biasanya hal ini dipicu karena mengkonsumsi makanan tinggi lemak, gula, dan tepung yang tinggi akan kalori. Sementara tubuh kekurangan air mineral dan cenderung tidak banyak melakukan aktivitas fisik. Maka untuk menghindari resiko penyakit berbahaya dari kenaikan berat badan berlebih, kamu dapat mencoba tips dibawah ini. 

1. Mengontrol Kalori Harian
Kamu perlu untuk mengetahui berapa jumlah kalori harian yang tubuh kamu butuhkan sesuai dengan berat dan tinggi badan serta aktivitas harian. Kamu dapat berkonsultasi dengan ahli gizi atau menggunakan aplikasi. Nah untuk menurunkan berat badan, pastikan kamu tidak mengkonsumsi makanan lebih dari batas kalori harian kamu. Rata-rata, kebutuhan kalori diet sehat per hari bagi wanita sekitar 1.200-1.500 kcal sedangkan pria 1.500-1.800 kcal.

2. Olahraga
Olahraga dilakukan untuk membuat tubuh kamu melakukan pembakaran kalori dan meningkatkan laju metabolisme. Kamu dapat memulai dengan olahraga ringan seperti jogging atau jalan santai selama 30-45 menit tanpa henti. Untuk pembakaran kalori yang lebih maksimal, kamu dapat melakukan cardio atau HIIT (High Intensity Interval Training) dengan durasi singkat 10-15 menit.

3. Meningkatkan Konsumsi Serat
Serat sangat penting untuk tubuh terutama saat melakukan diet sehat karena membantu melancarkan metabolisme tubuh. Makanan yang mengandung serat tinggi untuk diet, mulai dari sayuran, buah, kacang-kacangan, biji-bijian atau oatmeal. Selain serat, tetap penuhi nutrisi lainnya seperti protein, lemak sehat, dan karbohidrat. 

4. Penuhi Kebutuhan Air Putih
Selain berbagai manfaat untuk kesehatan, air putih juga diklaim nol kalori, jika sebelum makan kamu minum air putih yang banyak dapat membuat makan lebih sedikit karena rasa kenyang dari air putih. Apabila air tersebut diminum saat perut masih kosong, kondisi ini efektif melancarkan pencernaan, metabolisme dan membersihkan tubuh dari sisa racun dalam tubuh.

5. Melakukan Puasa Sunah
Melakukan puasa sunnah setelah lebaran dinilai cukup efektif untuk mengontrol asupan kalori berlebih. Namun, kamu tetap perlu memperhatikan nutrisi makanan yang dikonsumsi dan harus memenuhi kebutuhan karbohidrat kompleks, protein, serat, vitamin, dan mineral. Kamu juga perlu menghindari gorengan dan minuman manis saat berbuka puasa.

Sumber: cnnindonesia.com

Kemudahan Pembayaran :

Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon