Mon, 29 Jan 2024

Tips Asuransi Critical Illness

Tidak ada yang pernah tahu bagaimana kondisi kesehatan di masa depan, karena itulah membeli asuransi kesehatan dapat menjadi pilihannya. Terlebih lagi biaya untuk berobat memang tidaklah murah dan bahkan bisa mencapai jutaan rupiah. 

Dari sekian banyaknya jenis asuransi yang ada, maka Anda juga wajib mempertimbangkan keberadaan dari asuransi critical illness atau penyakit kritis. Sesuai dengan namanya, pastinya sudah paham bagaimana tujuan dari jenis jaminan kesehatan tersebut. 

Ya, jenis asuransi ini digunakan untuk mengantisipasi adanya biaya besar untuk jenis penyakit kritis. Bukan hanya dapat mengantisipasi adanya risiko biaya pengobatan saja, tetapi juga bisa meminimalisir risiko lainnya. 

Sekilas Tentang Asuransi Critical Illness

Sebelum membahas mengenai bagaimana tips dalam memilih asuransi ini, maka Anda harus mengetahui pengertiannya dahulu. Asuransi critical illness adalah jenis asuransi yang akan memberikan jaminan pembiayaan apabila seorang pengguna terkena penyakit kritis. 

Adapun jenis penyakit kritis tersebut biasanya sudah dicantumkan di dalam berkas polis asuransi secara mendetail. Di dalam polis biasanya juga akan dijelaskan pada stadium berapakah nasabah bisa memperoleh manfaatnya. 

Tidak heran apabila keberadaan dari jenis asuransi tersebut semakin banyak diminati oleh masyarakat terutama bagi orang tua. Beberapa jenis penyakit kritis yang masuk ke dalam polis asuransi ini diantaranya adalah:

  1. Stroke
  2. Kanker
  3. Jantung
  4. Diabetes
  5. Gangguan saraf akut
  6. Gagal ginjal 
  7. Hepatitis 
  8. Meningitis 
  9. HIV/AIDS

Tips Asuransi Critical Illness

Sampai disini, Anda pastinya tertarik untuk menggunakan asuransi penyakit kritis bukan? Terlebih lagi, nantinya akan memperoleh sejumlah manfaat. Namun, perlu diingat bahwa dalam memilih jenis asuransi ini sebaiknya tidak boleh sembarangan. 

Sebab jika Anda sembarangan dalam memilih, maka bukan tidak mungkin kalau kondisi keuangan akan terganggu. Oleh karena itulah, beberapa tips di bawah ini wajib untuk diketahui apabila hendak memilih asuransi critical illness:

  1. Ketahui Riwayat Penyakit Terlebih Dahulu
    Sebelum memutuskan untuk melakukan kerjasama dengan penyedia asuransi ini, maka harus mengenali riwayat penyakit ataupun penyakit turunan. Untuk jenis penyakit turunan merupakan penyakit yang diturunkan oleh salah satu atau bahkan kedua orang tua pada anak. 

    Jenis penyakit keturunan ini memang tidak bisa dihindari dan bahkan tergolong dapat menyerang kapanpun. Selain dari penyakit turunan, Anda juga perlu mengecek apakah memiliki riwayat penyakit kritis sebelumnya. 
     
  2. Premi Harus Sesuai dengan Penghasilan 
    Ketika menggunakan asuransi, tentu setiap orang ingin memperoleh cakupan perlindungan yang lengkap dan terbaik. Sayangnya, untuk memperoleh semua itu mengharuskan pengguna membayar premi mahal juga. 

    Perlu diketahui juga bahwa dalam memilih jenis asuransi ini, pengguna sebaiknya harus menyesuaikan dengan kondisi keuangan atau pendapatan. Jika proses pembayaran premi hanya akan mengganggu kondisi keuangan, maka cobalah memilih premi paling tepat. 
     
  3. Jangan Lupa Mengecek Santunan Manfaat Asuransi 
    Tips lainnya dalam memilih asuransi ini adalah dengan mengecek apa sajakah manfaat yang bisa didapatkan oleh para nasabah. Biasanya jenis asuransi ini akan ditawarkan sebagai tambahan di dalam sebuah asuransi jiwa atau kesehatan. 

    Jika telah mengecek apa sajakah manfaat yang bisa didapatkan, maka lakukan perbandingan dengan total kebutuhan dana yang dimiliki. Lagi-lagi, dalam hal ini juga perlu disesuaikan dengan kondisi keuangan dari para nasabah. 
     
  4. Kemudahan dalam Melakukan Klaim
    Dalam penggunaan sebuah asuransi, proses klaim merupakan hal yang sangat krusial. Beberapa perusahaan menawarkan proses klaim berbeda, ada yang mudah dan sulit untuk dilakukan. 

    Tetapi disini, kami menyarankan Anda agar memilih asuransi critical illness yang menawarkan kemudahan dalam melakukan klaim. Ini tentu sangat bermanfaat, terutama apabila kondisi dari seorang pasien sedang mendesak. 
     
  5. Pilih Perusahaan yang Terpercaya 
    Saat ini, memang semakin banyak perusahaan yang menawarkan layanan asuransi penyakit kritis. Tetapi sayangnya tidak semua perusahaan asuransi tersebut terpercaya dan profesional. 

    Sebagai seorang nasabah profesional, maka penting untuk mengetahui apakah perusahaan asuransi itu memiliki review positif dari pengguna sebelumnya atau tidak. Jika ternyata review perusahaan asuransi lebih banyak negatif, silahkan cari referensi lainnya. 

Manfaat Memiliki Asuransi Penyakit Kritis

Walaupun terlihat cukup sepele, tetapi jenis asuransi ini dibutuhkan oleh keluarga sebagai bentuk perlindungan. Terlebih lagi di jaman sekarang, kondisi kesehatan dari seseorang bisa terganggu oleh berbagai faktor. 

Mulai dari faktor lingkungan, keturunan hingga gaya hidup yang dimiliki oleh seseorang. Inilah mengapa, mulai dari sekarang Anda harus memahami apa sajakah manfaat dari asuransi penyakit kritis. 

Manfaat pertama adalah bisa membantu untuk mengantisipasi pengeluaran untuk anggaran perawatan atau pengobatan untuk penyakit kritis. Perlu diingat bahwa biaya itu semua sangat mahal dan bahkan bisa mencapai jutaan rupiah. 

Manfaat kedua adalah bisa membantu untuk mengurangi adanya beban keluarga. Sebab ketika Anda mempunyai asuransi ini tidak akan mengganggu kondisi keuangan untuk alokasi dana kebutuhan lainnya. 

Dengan mempunyai asuransi ini ternyata juga akan terhindar dari adanya hutang ataupun kehilangan aset. Sebab sebagian besar orang yang kesulitan untuk membayar biaya perawatan terkadang harus berhutang ataupun menjual aset.

Penutup

Di era sekarang, keberadaan dari jenis asuransi penyakit kritis memang semakin banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Dari penjelasan di atas mengenai asuransi critical illness, maka dapat ditarik kesimpulan:

  1. Asuransi critical illness merupakan jenis asuransi untuk pembiayaan penyakit kritis.
  2. Terdapat beberapa jenis penyakit kritis seperti diabetes, stroke, jantung, kanker hingga HIV Aids.
  3. Dengan menggunakan asuransi ini, Anda akan memperoleh sejumlah manfaat termasuk bisa mengurangi beban biaya keluarga. 

Selain asuransi jiwaasuransi kesehatan penyakit kritis juga wajib dimiliki oleh keluarga karena berikan banyak manfaat. Terlebih lagi tidak ada yang tahu bagaimana kondisi kesehatan Anda dan keluarga di masa depan. 

Kemudahan Pembayaran :

Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon