Tue, 12 Dec 2023

6 Daftar Kesalahan dalam Investasi Emas, Paling Sering Terjadi!

Investasi emas menjadi salah satu jenis investasi yang cukup populer bagi masyarakat termasuk generasi anak muda. Itu bukan tanpa alasan karena jenis instrumen satu ini terbilang sebagai aset cukup stabil dan risiko rendah dibandingkan dengan lainnya. 

Tidak hanya itu saja, nilai dari emas juga dapat mengalami kenaikan nilai cukup signifikan sehingga bisa memberikan keuntungan cukup besar di masa mendatang. Ini mungkin juga menjadi alasan kenapa investasi tersebut banyak dilirik oleh anak muda sebagai investor pemula. 

Hanya saja, dalam menjalankan kegiatan tersebut terdapat beberapa kesalahan yang paling sering dilakukan oleh investor. Itulah mengapa sebagai seorang pemula, Anda wajib untuk menyimak penjelasan di bawah ini dahulu sebelum memutuskan berinvestasi. 

Alasan Emas menjadi Investasi Terbaik 
Seperti sudah kita ketahui bahwa emas merupakan salah satu aset investasi yang sangat terkenal baik investor pemula ataupun profesional. Sebab keuntungan dari menjalankan investasi tersebut sangatlah beragam dan dapat digunakan sebagai aset cadangan di masa depan. 

Tidak heran kalau semakin banyak orang akhirnya menjatuhkan pilihan mereka untuk memulai kegiatan investasi pada instrumen tersebut. Ada berbagai bentuk emas yang bisa diinvestasi seperti emas batangan, perhiasan, emas dinas atau bahkan emas digital. 

Ada beberapa alasan kenapa Anda wajib mencoba melakukan kegiatan investasi emas ini seperti bisa dimulai dengan modal kecil terlebih dahulu. Bagaimana tidak, ternyata terdapat beberapa pihak penyedia investasi yang memungkinkan Anda memulai kegiatan pembelian emas dengan nilai Rp10.000 saja. 

Alasan lainnya adalah jenis investasi tersebut bebas dari namanya pajak dan bunga untuk kepemilikannya. Kondisi ini tentu dapat dimanfaatkan oleh investor agar bisa meraup keuntungan sebanyak-banyaknya. 

Biasanya biaya yang harus dikeluarkan oleh investor hanyalah untuk biaya penitipan. Adapun jumlah biaya tersebut berbeda dan tergantung pada kebijakan setiap perusahaan penyedia jasa penyimpanan. 

Masih terdapat keuntungan lainnya apabila memulai kegiatan investasi emas seperti risikonya cukup rendah karena harga jarang mengalami penurunan signifikan, dapat digunakan sebagai jaminan hingga adanya kemudahan dalam mencairkannya. 


Kesalahan dalam Melakukan Investasi Emas 
Kendati kegiatan investasi ini banyak memberikan keuntungan bagi seorang investor, tetapi sebaiknya juga harus berhati-hati saat menjalankannya. Sebab ternyata terdapat sejumlah kesalahan yang sering dilakukan pada saat investasi dan bahkan bisa mengakibatkan potensi kerugian besar. Adapun beberapa kerugian dalam melakukan kegiatan investasi emas diantaranya adalah:

  1. Tidak Menentukan Tujuan Investasi dengan Jelas 
    Kesalahan umum pertama yang sering dilakukan oleh investor pemula adalah tidak menentukan tujuan investasi dengan jelas. Padahal dalam melakukan kegiatan investasi apapun termasuk emas, tujuan merupakan hal paling utama yang harus diperhatikan. 

    Misalnya saja apabila Anda ingin mendapatkan keuntungan di masa mendatang, maka emas dalam bentuk batangan adalah pilihannya. Sebab ketika memilih emas dalam bentuk perhiasan mungkin keuntungannya hanya sedikit dan terdapat biaya tambahan pada saat akan menjualnya. 
     
  2. Tidak Mengetahui Jenis Investasi Emas 
    Perlu diketahui bahwa investasi emas terdiri dari beberapa bentuk seperti perhiasan, emas batangan hingga reksadana emas. Nah, kesalahan yang paling sering dilakukan oleh investor adalah mereka tidak memahami betul jenis investasi emas dimana akan dipilih. 

    Perlu diingat bahwa setiap jenis investasi tersebut tentu mempunyai karakteristik sekaligus tingkat risiko berbeda. Kami sarankan agar memahami kelebihan dan kekurangan dari setiap investasi emas yang tersedia. 
     
  3. Tidak Pernah Melakukan Riset 
    Kesalahan berikutnya adalah tidak pernah melakukan risetjika ingin memulai kegiatan investasi. Padahal riset sangat penting untuk membantu seorang investor dalam membuat keputusan berinvestasi. 

    Ada beberapa hal yang harus diriset terlebih dahulu seperti kondisi pasar emas, tren harga di pasar hingga faktor apa sajakah dimana berpengaruh terhadap pergerakan harga emas. Dengan melakukan riset secara tepat, maka bisa meminimalisir kerugian nantinya. 
     
  4. Kemurnian Emas Tidak Dilihat dengan Baik 
    Jika ingin memulai kegiatan investasi ini, maka disarankan agar membeli emas murni melalui emas batangan. Sebab dengan memilih emas batangan dapat terhindari dari adanya campuran bahan lain dimana berpengaruh terhadap harganya. 

    Bayangkan saja apabila ternyata emas yang diinvestasikan tidak murni 100 persen maka justru akan merugikan di kemudian hari. Jadi jangan sampai lupa agar mengecek kemurnian emas yang akan diinvestasikan. 
     
  5. Tidak Menyediakan Ruang Penyimpanan
    Sudah bukan menjadi rahasia lagi apabila emas menjadi instrumen investasi yang paling mudah dibawa serta dipindahkan. Tetapi risiko kehilangan atau dicuri oleh orang lain juga cukup tinggi. 

    Maka dari itu sebaiknya Anda harus menyediakan ruang penyimpanan khusus untuk menyimpan koleksi emas. Jika perlu cobalah menyewa tempat penyimpanan emas dimana sudah disediakan oleh berbagai pihak. 
     
  6. Tidak Pernah Membandingkan Harga 
    Kesalahan satu ini paling sering dilakukan oleh seorang pemula yakni tidak pernah membandingkan harga emas dari beberapa penjual. Sebaiknya jangan pernah terburu-buru-buru dalam melakukan pembelian aset. 

    Cobalah untuk tidak lupa melihat harga yang ditawarkan oleh penjual lainnya. Pastikan memilih aset dimana sesuai dengan kondisi keuangan danjangan lupa agar selalu memantau pergerakan harga emas di pasar. 

Kesimpulan 

Melakukan kegiatan investasi di instrumen emas dapat menjadi pilihan terbaik karena akan memberikan sejumlah keuntungan. Dari penjelasan kami diatas, maka terdapat sejumlah kesimpulan diantaranya adalah:

  • Emas merupakan salah satu investasi yang banyak dipilih karena mempunyai risiko rendah 
  • Terdapat berbagai bentuk investasi emas seperti emas batangan, perhiasan hingga reksadana emas
  • Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh investor seperti tidak menetapkan tujuan, tidak melakukan perbandingan harga, tidak memahami jenis investasi dan lainnya. 

Jika Anda ingin memulai dalam investasi, maka emas dapat menjadi pilihan terbaik karena rendah akan risiko. Kendati demikian, Anda harus menghindari sejumlah kesalahan di atas agar terhindar kerugian berinvestasi.

Kemudahan Pembayaran :

Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon