Tue, 12 Dec 2023

6 Jenis Investasi untuk Anak Muda Paling Recommended, Yuk Cek!

Tidak hanya orang dewasa saja, tetapi anak muda sebaiknya juga harus segera merencanakan keuangan di masa mendatang. Hal itu bukan tanpa alasan karena tidak ada yang mengetahui bagaimana kondisi keuangan Anda di masa depan. 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merencanakan masalah keuangan tersebut. Salah satunya adalah dengan melakukan kegiatan investasi. Sebab dengan berinvestasi, para anak muda akan mendapatkan banyak manfaat. 

Kendati demikian tidak sedikit dari anak muda masih enggan melakukan kegiatan tersebut karena tidak mempunyai modal banyak untuk memulainya. Padahal sekarang, ada berbagai jenis investasi dimana juga dapat dimulai dengan dana kecil lho. 
 

Pentingnya Melakukan Kegiatan Investasi Bagi Anak Muda 
Investasi merupakan salah satu cara untuk mengembangkan uang atau harta benda tertentu dalam jangka waktu tertentu juga. Tujuannya tentu agar memperoleh keuntungan di masa depan dan berkali lipat dibandingkan dengan modal utama. 

Saat ini, kegiatan penanaman modal tersebut dibagi menjadi dua yakni jangka panjang dan jangka pendek. Apabila Anda ingin memperoleh keuntungan dengan cepat, maka investasi jangka pendek bisa menjadi opsi terbaik. 

Selama ini, banyak orang beranggapan bahwa kegiatan investasi hanya dapat dilakukan oleh orang dewasa dengan modal besar. Padahal apabila dilihat lebih detail lagi, sebenarnya para anak muda juga dapat memulai kegiatan investasi ini dari sekarang. 

Setidaknya terdapat beberapa alasan kenapa Anda wajib memulai menginvestasikan modal atau harta benda dari sekarang. Pertama, dengan melakukan kegiatan investasi itulah ternyata dapat membantu mempersiapkan masa tua atau sebagai dana pensiun. 

Dengan cara inilah, Anda akan tetap bisa memperoleh sumber pemasukan sehingga tetap bisa bertahan hidup. Kedua, menjalankan investasi secara tidak langsung juga bisa berguna sebagai pemasukan pasif.Hal tersebut berbanding terbalik ketika menabung di bank dimana uang hanya diam tanpa adanya penambahan jumlah nilai. 

Jenis Investasi yang Cocok Bagi Anak Muda 

Sampai disini, Anda pastinya sudah mulai tertarik untuk melakukan kegiatan investasi ini bukan? Nah sebagai anak muda sebaiknya juga harus selektif dalam memilih jenis investasi. Sebab tidak semua jenis investasi tersebut cocok untuk Anda. 

Terlebih lagi kalau dana yang dimiliki masih terbatas, maka sebaiknya harus lebih bijak dalam memilihnya. Daripada Anda penasaran jenis investasi apa sajakah yang bisa dijalankan di usia muda, berikut beberapa rekomendasinya. 

  1. Emas 
    Emas menjadi salah satu jenis investasi paling recommended bagi anak muda karena kemudahan dalam menjalankannya. Tidak hanya itu saja, biasanya instrumen tersebut juga menjadi pilihan bagi para investor pemula. 

    Tidak hanya itu saja, risiko menjalankan kegiatan investasi inipun relatif lebih rendah dan hasilnya juga terbilang stabil. Jenis investasi ini dapat berupa emas batangan atau perhiasan dimana dapat disesuaikan dengan kondisi keuangan.

    Jika Anda ingin memulai kegiatan investasi ini, maka bisa melakukan pembelian dan penjualan di waktu tepat. Jangan lupa agar menyimpannya di brankas atau deposit box untuk memastikan keamanannya. 
     
  2. Reksadana 
    Belum lengkap kalau membahas seputar investasi bagi anak muda tetapi tidak membahas reksadana ini. Ya, reksadana ini cocok bagi para investor pemula dimana baru pertama kali terjun ke dalam dunia investasi. 

    Investasi reksadana sendiri ternyata juga cukup beragam mulai dari obligasi, saham, pasar uang, syariah dan masih banyak lagi. Anda dapat memilih manakah jenis reksadana yang paling sesuai dengan kondisi Anda. 

    Keuntungan dari reksadana adalah modal yang harus dikeluarkan untuk memulainya cukup kecil serta risikonya juga sangat rendah. Namun pastikan Anda memilih tempat melakukan kegiatan investasi ini yang terpercaya. 
     
  3. Obligasi 
    Selain ada reksadana, adapula obligasi ini dimana juga akan memberikan keuntungan bagi anak muda. Obligasi sendiri adalah sebuah surat berharga yang dimiliki oleh pemerintah dan biasanya dikenal dengan sebutan surat utang. 

    Di Indonesia terdapat sejumlah jenis obligasi seperti obligasi negara ritel, sukuk tabungan hingga sukuk ritel. Sama seperti dengan reksadana, risiko yang ditawarkan oleh obligasi cenderung rendah tetapi memang return tidak sebesar dengan jenis investasi lainnya. 
     
  4. Deposito 
    Ini merupakan salah satu layanan yang ditawarkan oleh hampir semua perbankan saat ini. Keberadaannya dapat Anda jadikan sebagai alternatif kalau ingin memulai kegiatan investasi terutama bagi para anak muda. 

    Untuk memulai kegiatan deposito biasanya hanya membutuhkan dana cukup kecil misalnya dimulai dengan modal Rp1.000.000. Keuntungannya adalah Anda akan memperoleh hasil imbang sekitar 7-8% dari modal yang diinvestasikan sebelumnya. 
     
  5. Saham 
    Tidak hanya dapat dijalankan oleh pemilik modal besar saja, tetapi saham ternyata juga dapat dijalankan oleh anak muda dengan modal pas-pasan. Tetapi harus diingat bahwa saham memang menawarkan keuntungan cukup besar, tetapi risikonya juga tidak kalah besar. 

    Walaupun demikian, apabila Anda berhasil memilih perusahaan tepat dan membekali diri dengan wawasan sekaligus strategi, maka bisa memperoleh keuntungan. Jangan lupa juga agar selalu melakukan perhitungan matang ketika menjalankannya. 
     
  6. Properti 
    Apabila Anda mempunyai dana yang lebih besar, maka melakukan kegiatan investasi di bidang properti adalah pilihannya. Sebab kegiatan ini dapat menjanjikan keuntungan sangat besar bagi seorang investor. Investasi properti bisa hadir berbagai bentuk mulai dari penyewaan rumah dan apartemen ataupun pembelian tanah. 

Kesimpulan 
Investasi menjadi salah satu kegiatan yang dapat dilakukan oleh anak muda untuk mempersiapkan dana di masa depan. Dari ulasan di atas, maka terdapat sejumlah kesimpulan diantaranya adalah: 

  • Anak muda wajib memulai kegiatan investasi untuk memulai menyiapkan keuangan di masa depan 
  • Investasi dapat dijadikan sebagai dana pensiun ketika sudah tidak lagi bekerja 
  • Terdapat sejumlah investasi yang cocok untuk anak muda mulai dari emas, reksadana, obligasi dan lainnya. 

Kondisi keuangan di masa depan memang tidak ada yang bisa menebak sehingga Anda sebagai anak muda harus segera menyiapkannya dari sekarang. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memilih salah satu jenis instrumen investasi sesuai dengan budget. 

Kemudahan Pembayaran :

Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon