Thu, 01 Feb 2024

Inilah 6 Alasan Pentingnya Memiliki Dana Darurat dari Sekarang

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah dana darurat. Sayangnya, beberapa orang masih belum menyiapkan dana tersebut karena belum mengetahui seberapa penting untuk memilikinya. Padahal, dana darurat adalah persiapan keuangan terbaik untuk memenuhi kebutuhan mendesak.

Alasan Mengapa Dana Darurat Sangat Penting 

Tahukah Anda, bahwa hal tidak terduga bisa terjadi kapan saja sehingga mengharuskan seseorang mengeluarkan uang cukup banyak. Jika tidak mempersiapkan dana darurat tentu keuangan akan terganggu. Untuk itu, simak alasan pentingnya memiliki dana tersebut berikut:

  1. Untuk Kebutuhan Mendesak
    Alasan pertama menyiapkan dana darurat begitu penting adalah karena dapat memenuhi kebutuhan mendesak. Bayangkan apabila tidak memiliki dana darurat akan tetapi ada hal yang mengharuskan Anda mengeluarkan uang secara tiba-tiba.

    Tentu hal tersebut hanya akan menambah masalah baru. Terlebih kebutuhan mendesak bisa datang kapan saja tanpa mengenal waktu. Termasuk ketika kondisi keuangan Anda sedang buruk sehingga jangan sampai tidak memperhatikan hal ini.
     
  2. Agar Terhindar dari Belanja Konsumtif
    Alasan lainnya mengapa perlu memiliki dana darurat adalah agar terhindar dari belanja konsumtif. Pasalnya, Anda sudah berkomitmen dalam menyisihkan uang untuk kebutuhan darurat. Pastinya semakin mudah menahan diri untuk berbelanja yang tidak perlu.

    Anda tentu akan selalu terpikir untuk mengalokasikan sejumlah pendapatan untuk dialihkan ke rekening khusus dana darurat. Tentu saja tidak akan mudah tergoda untuk membeli hal-hal yang sebenarnya tidak dibutuhkan sama sekali.
     
  3. Bisa Jadi Dana Investasi
    Dana darurat yang sudah Anda kumpulkan sebelumnya juga bisa menjadi ladang investasi tersendiri. Pasalnya, uang yang ditabung tersebut dapat mengamankan harta untuk masa depan. Bisa juga dimanfaatkan sebagai pelindung tabungan di hari tua.

    Anda juga dapat menjadikannya sebagai anggaran yang dapat dipakai untuk kebutuhan di masa depan. Hal ini karena dananya hanya akan dipakai untuk kondisi mendesak. Jika tidak diperlukan maka akan terus ditabung untuk kebutuhan lain yang bersifat lebih penting di lain waktu.
     
  4. Mudah Menghindari Utang
    Ketahui juga bahwa dana darurat yang sudah disiapkan sebelumnya dapat Anda manfaatkan pula untuk menghindari utang. Tidak heran jika memiliki dana tersebut sangatlah penting karena efektif dalam memenuhi kebutuhan yang sifatnya tiba-tiba.

    Tentu apabila sudah tersedia dana tersebut Anda tidak perlu lagi kerepotan meminjam uang ke orang lain atau bahkan ke bank yang memiliki bunga tinggi. Dengan tidak memiliki utang, pastinya akan terbebas dari kewajiban membayarnya sehingga keuangan jauh lebih stabil ke depan.
     
  5. Terbebas dari Krisis Finansial
    Alasan mengapa memiliki dana darurat sangat penting adalah karena Anda akan lebih mudah terbebas dari krisis finansial. Hal ini sendiri dapat terjadi akibat banyak hal. Sebagai contoh ketika rumah rusak akibat bencana alam.

    Tentu Anda perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk memperbaiki hunian tersebut. Hal-hal tidak terduga seperti ini dapat menjadikan seseorang mengalami krisis finansial. Pastinya semakin mudah mengantisipasinya memakai dana darurat yang telah disiapkan sejak awal.
     
  6. Agar Hidup Lebih Tenang
    Alasan berikutnya yakni agar Anda dapat menjalani hidup dengan lebih tenang dan damai. Tentu tidak akan ada lagi beban pikiran akibat adanya kebutuhan mendesak. Pasalnya, sebelumnya sudah rajin menabung dana darurat.

    Anda dapat menjadikan dana darurat sebagai solusi bagi keadaan tertentu yang memang perlu mengeluarkan biaya. Tidak heran jika semakin mudah untuk mendapatkan ketenangan dan jaminan keamanan di masa depan.

Contoh Hal Mendesak yang Bisa Diatasi dengan Dana Darurat

Hal mendesak dapat datang kapan saja tanpa diketahui. Jika sebelumnya Anda tidak melakukan perencanaan dana darurat tentu akan kebingungan dalam mengatasinya. Berbeda jika sudah memiliki dana darurat maka hal tersebut dapat segera teratasi. Berikut beberapa contohnya:

  1. Ketika Sakit
    Kesehatan adalah hal yang sangat penting untuk selalu diperhatikan. Sayangnya, sakit bisa datang kapan saja tanpa mengenal waktu. Tentu Anda perlu segera menyiapkan biaya untuk berobat agar kembali pulih.

    Terlebih tidak jarang biaya berobat meningkat setiap tahunnya. Dengan menggunakan dana darurat untuk berobat, maka Anda akan lebih siap untuk menghadapi masalah ini tanpa perlu kerepotan meminjam uang.
     
  2. Saat Terkena PHK
    PHK atau Pemutusan Hubungan Kerja juga termasuk hal mendesak yang bisa datang kapan pun. Hal tersebut juga bisa terjadi pada siapa saja sehingga seseorang tidak bisa lagi memperoleh penghasilan bulanan ke depannya.

    Terlebih untuk mendapatkan pekerjaan baru pun memerlukan waktu yang tidak sebentar. Ketika Anda sudah menyiapkan dana darurat, maka tentu saja tidak perlu repot ketika ingin memenuhi kebutuhan sehari-hari.
     
  3. Penurunan Gaji
    Sebuah perusahaan atau tempat Anda bekerja bisa saja mengalami krisis. Selain mendapatkan PHK, beberapa pekerja lainnya mungkin akan dilakukan penurunan gaji. Tentu saja hal ini bisa mempengaruhi kondisi keuangan seseorang.

    Akan tetapi tidak perlu pusing jika sebelumnya memang sudah menyiapkan dana darurat. Anda dapat memakai dana tersebut untuk memenuhi kebutuhan yang memang tidak bisa dipenuhi oleh gaji setelah adanya pemotongan tersebut.

Kesimpulan

Sekarang Anda tidak perlu lagi menunda untuk menyiapkan dana darurat. Terlebih ada banyak alasan mengapa harus menyiapkannya sejak awal. Dana darurat ini sendiri dapat Anda siapkan baik itu bagi mereka yang belum maupun sudah menikah.

Dana darurat memiliki peran yang penting dalam keadaan darurat agar pengelolaan keuangan dapat dilakukan secara optimal. Oleh sebab itu, pastikan mulai menyisihkan uang dari sekarang dan siapkan dana darurat lebih awal.

Anda bisa lebih bijak lagi dalam mengelola keuangan agar setiap kebutuhan yang datang secara tidak terduga dapat ditangani dengan langkah tepat tanpa perlu pusing. Dana tersebut bisa menjadi antisipasi terbaik tanpa mengganggu kebutuhan harian.

Kemudahan Pembayaran :

Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon