Wed, 09 Aug 2023

Tips Menabung Yang Efektif Untuk Masa Depan Anda

Menabung merupakan salah satu cara untuk mendapatkan berbagai keinginan kamu, seperti bisa membeli barang-barang impianmu ataupun travelling ke berbagai tempat. Namun, menabung bukanlah sebuah hal yang mudah, bagi sebagian orang mereka perlu membutuhkan disiplin dan komitmen yang kuat agar tidak terbuai dengan berbagai keinginan-keinginan lainnya. Nah, agar lebih mudah dan efektif kamu bisa mencoba menerapkan beberapa tips dibawah ini :

  1. Menetapkan Tujuan
    Dengan tujuan dan motivasi yang kuat dapat menjadi penyemangat kamu dalam menabung tidak hanya itu kamu juga bisa mengetahui berapa uang yang perlu kamu sisihkan serta durasi waktu menabungnya.
     
  2. Menyisihkan Minimal 10% dari Pendapatan
    Dilansir dari CNBC Indonesia angka ideal dari rasio tabungan adalah 10%. Hal ini juga bisa kamu terapkan untuk persiapan dana darurat.
     
  3. Mulai dengan Uang Receh
    Tidak ada salahnya memulai dengan uang receh. Bagi kamu yang baru mulai menabung tips ini cenderung lebih mudah pasalnya kamu tidak perlu menyisihkan uang dalam jumlah besar untuk belajar memulai menabung seperti Rp10.000 atau Rp20.000, bisa dimasukan ke tabungan atau celengan.
     
  4. Menabung dari Kembalian
    Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Peribahasa ini sangatlah tepat bagi kamu yang sedang menabung, jika kamu merasa sulit untuk memulai menyisihkan uang maka mulailah dengan menabung uang kembalian.
     
  5. Rekening Terpisah
    Dengan menggunakan rekening terpisah kamu bisa membedakan antara mana rekening untuk pengeluaran sehari-hari dan rekening tabungan sehingga tidak ikut tercampur.
     
  6. Berhemat
    Kamu bisa memulai dengan mengurangi pengeluaran sehari-hari kamu seperti kuota atau internet hingga kebutuhan listrik kemudian uang tersebut bisa kamu alokasikan menjadi tabungan.
     
  7. Disiplin
    Disiplin merupakan kunci keberhasilan tips-tips diatas, meskipun tidaklah mudah namun jika kamu berkomitmen kuat pasti bisa dilakukan.

Sumber: cnbcindonesia.com

Kemudahan Pembayaran :

Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon