Thu, 24 Aug 2023

4 Jurus Tetap Fit Saat Polusi Udara Makin Mencekik

Kualitas udara buruk di Jakarta dan sekitarnya semakin mencekik dan mengancam kesehatan. Kondisi ini dapat menimbulkan beragam penyakit terutama yang berhubungan dengan pernapasan.

Tidak hanya itu, dalam jangka panjang, polusi udara dapat menyebabkan berbagai penyakit termasuk kardiovaskular hingga kanker paru. Untuk itu penting bagi masyarakat dalam menjaga kesehatan agar tetap fit dan tidak mudah sakit.

Berikut adalah sejumlah tips kesehatan agar Anda tak mudah jatuh sakit di tengah polusi yang makin memburuk.

1. Bernapas lewat hidung

Clinical & Scientific Lead AsaRen, dr. Meryl Kallman, meminta masyarakat untuk kembali rutin menggunakan masker dan bernapas lewat hidung, bukan mulut. Sebab, hidung adalah 'air purifier' alami manusia karena memiliki penyaring alami berupa bulu hidung.

2. Gunakan Air Purifier Tambahan

dr. Mimi juga menyarankan penggunaan air purifier atau penyaring udara di dalam ruangan. Sebab, polusi di dalam ruangan terbukti lebih tinggi apabila dibandingkan dengan luar ruangan.

"Penggunaan air purifier di dalam ruangan sangat direkomendasikan karena bisa menyaring polutan di udara, apalagi jika semua hal tersebut (polutan) berada di satu ruangan tanpa ventilasi," kata dr. Mimi.

3. Jaga pola makan dan konsumsi vitamin

Masyarakat juga harus mulai melakukan pola hidup sehat untuk menghindari risiko penyakit akibat kualitas udara buruk, salah satunya dengan menjaga pola makan seimbang.

"Rekomendasi sejak awal zaman kedokteran masih berlaku saat ini, yaitu kita harus menjalani gaya hidup sehat, tidur yang cukup, minum air yang cukup, dan menjaga pola makan seimbang dengan nutrisi yang tepat," ungkap dr. Mimi.

"Zinc (seng) dan vitamin C adalah nutrisi yang harus selalu tercukupi karena dapat mendukung fungsi kekebalan yang sehat," imbuhnya.

4. Olahraga dalam ruangan

Dalam menerapkan pola hidup sehat, dr. Mimi mengimbau setiap individu untuk menyeimbangkan aktivitas sehari-hari dengan rutin berolahraga ringan. Ia mengatakan, olahraga dapat dilakukan di dalam ruangan untuk menghindari paparan polusi udara.

Sumber: cnbcindonesia.com

Kemudahan Pembayaran :

Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon