Fri, 31 May 2024

Menjaga Kesehatan Melalui Tidur yang Berkualitas

Memiliki kualitas tidur yang baik tentu memiliki salah satu indikator psikis dan kesehatan fisik yang sehat. Kondisi tidur yang sehat ditentukan dari 2 hal yaitu Kuantitas Tidur dan Kualitas Tidur. Kuantitas merupakan waktu atau durasi untuk beristirahat, sedangkan kualitas merupakan hal terpenting untuk kesehatan psikologis. Memiliki waktu untuk tidur yang kurang akan mempengaruhi kondisi kesehatan dan menyebabkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes, obesitas, depresi, dan stroke.

Untuk itu, selain harus memiliki kuantitas tidur yang baik tentu juga harus memiliki kualitas tidur yang baik. Berikut Kualitas Tidur yang baik bisa diterapkan sehari-hari:
 

  1. Tenangkan Diri Sejenak dan Atur Posisi Tidur yang Nyaman
    Menenangkan diri sebelum tidur dapat membuat tubuh menjadi relax dan mengatur posisi tidur yang nyaman akan menstabilkan kondisi tubuh seperti organ-organ, denyut jantung, dan otot-otot tubuh.
     
  2. Pastikan Kondisi Ruangan Nyaman untuk Beristirahat
    Kondisi ruangan yang rapih, tidak bising,  memiliki hawa yang sejuk, sirkulasi udara yang baik, dan memiliki harum akan merefleksikan tubuh menjadi nyaman untuk tidur. Sehingga reflek tidur menjadi cepat karena memiliki kondisi ruangan yang baik.
     
  3. Tidak Menggunakan Obat Tidur
    Menimnya penggunaan obat-obatan terlbih untuk tidur akan menyehatkan tubuh. Jika memiliki kesulitas untuk beristirahat, cobalah melakukan aktivitas berat atau membaca buku 1 jam sebelum tidur.
     
  4. Hindari Penggunaan Alat Elektronik 30 Menit Sebelum Tidur
    Cahaya biru dari alat elektronik akan mengganggu mata dan otak. Radiasi dari alat elektronik juga dapat menghambat untuk tidur karena kita akan terfokus pada penggunaan alat elektronik dalam jangka waktu yang lama sehingga reaksi tubuh sulit untuk beristirahat.

Memiliki kualitas tidur yang baik membuat tubuh menjadi sehat, terhindar dari penyakit jantung, suasana hati yang baik, refleksi otak menjadi baik. Sampai jumpa di Life Blog selanjutnya, salam sehat!

Sumber : Halodoc

Kemudahan Pembayaran :

Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon