Fri, 08 Mar 2024

8 Keutamaan Puasa di Bulan Ramadhan, Wajib Tahu!

Bulan Ramadhan menjadi waktu terbaik untuk memperbanyak pahala dan menghilangkan dosa bagi seluruh umat muslim. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa umat muslim di semua negara selalu memperbanyak ibadahnya selama bulan Ramadhan. Tidak hanya bisa dianggap sebagai sumber pahala bagi umat muslim saja, tapi bulan ini juga menyimpan keutamaan lainnya.

Biasanya, informasi terkait keutamaan ini sering dicari saat waktu sudah mendekati bulan Ramadhan, agar umat muslim bisa lebih bersemangat untuk menjalankan kewajibannya itu. Jadi, artikel ini akan membahas tentang keutamaan puasa Ramadhan yang sering dicari oleh umat muslim.

Keutamaan Puasa bagi Umat Muslim di Bulan Ramadhan

Puasa Ramadhan adalah ibadah yang sangat mulia dan harus dilaksanakan oleh umat muslim. Apabila Anda sudah memenuhi syarat untuk menjalankan kewajiban berpuasa ini, maka Anda diwajibkan untuk melaksanakannya selama sebulan penuh. Jadi, pastikan terlebih dahulu apakah Anda sudah memenuhi persyaratan tersebut atau belum.

Selama bulan puasa ini umat muslim harus menahan rasa lapar dan haus yang ada dalam dirinya sejak adzan subuh hingga maghrib. Selain itu, hindari juga perbuatan-perbuatan buruk lainnya yang bisa membuat puasa Anda batal. Nantinya, puasa yang dilakukan dengan khusyuk dapat mendatangkan beberapa keutamaan seperti:

  1. Masuk Surga dari Pintu Rayyan
    Sebenarnya ada banyak pintu yang bisa digunakan oleh umat Islam untuk masuk surga. Sementara pintu rayyan sendiri merupakan pintu surga yang dikhususkan untuk para ahli puasa. Rasulullah SAW menyebutkan bahwa para ahli puasa dapat masuk surga dengan mudah, karena pintu rayyan siap terbuka untuk mereka.

    Pintu rayyan termasuk janji yang diberikan oleh Allah SWT kepada umat-Nya dan Anda bisa menjadikan ini sebagai motivasi untuk memperbanyak pahala. Jadi, jika tidak ada halangan yang membuat Anda diperbolehkan untuk tidak puasa terlebih dahulu, Anda harus melaksanakan kewajiban sebagai umat muslim tersebut.
     
  2. Dosa akan Diampuni oleh Allah SWT
    Dosa akan menghalangi seorang muslim untuk masuk surga. Maka dari itu, orang-orang sering mencari cara agar dosanya bisa diampuni oleh Allah SWT. Cara termudah untuk menghapus dosa tersebut adalah dengan berpuasa Ramadhan, karena Allah SWT telah menjanjikan ganjaran tersebut.
     
  3. Pintu Langit Terbuka Lebar
    Impian terbesar umat muslim di berbagai negara adalah memperoleh rahmat dari Allah SWT. Ramadhan bisa dibilang waktu terbaik untuk memperoleh rahmat yang penuh berkah tersebut. Semakin banyak perbuatan baik yang Anda lakukan selama bulan ini, maka semakin berlimpah rahmat yang dapat diberikan Allah SWT kepada Anda.

    Karena pahala di bulan puasa lebih besar dibanding hari-hari biasa lainnya, jadi perbanyak perbuatan baik selama bulan suci ini. Bahkan, rahmat yang diberikan oleh Allah SWT ini tidak hanya bermanfaat secara duniawi saja, tapi juga baik untuk kehidupan di akhirat nanti.
     
  4. Mengangkat Derajat Umat Muslim
    Sebagian orang beragama Islam sering mencari cara untuk mengangkat derajat hidupnya maupun keluarganya. Sebenarnya Allah SWT telah memberikan kesempatan yang cukup banyak kepada umat muslim untuk mewujudkan impiannya tersebut. Cara terbaik untuk mengangkat derajat hidup seseorang adalah dengan berpuasa Ramadhan.
     
  5. Mendorong Kaum Muslim Berbuat Baik
    Perbuatan baik bisa dibilang sumber pahala yang harus dilakukan, agar umat muslim bisa lebih mudah untuk masuk surga. Sumber pahala ini akan semakin terbuka lebar saat Ramadhan telah tiba, karena pintu rahmat atau pintu langit juga terbuka lebar selama bulan suci tersebut.

    Tidak hanya berpuasa saja yang bisa dilakukan selama bulan suci ini, tapi perbuatan baik lainnya juga patut untuk dilakukan. Dorongan ini muncul karena selama menahan lapar dan haus biasanya rasa empati dalam diri seseorang akan lebih mudah timbul. Jadi, mereka akan lebih termotivasi untuk melakukan perbuatan yang positif.
     
  6. Dikabulkan Doanya
    Bagi umat muslim yang ingin doanya segera dikabulkan Allah SWT, mereka dianjurkan untuk menjalani puasa Ramadhan. Sebab, salah satu janji Allah SWT kepada umat-Nya yang menjalani puasa Ramadhan dengan ajaran yang tepat adalah semua doanya akan dikabulkan. Jadi, jangan pernah meninggalkan puasa ini meski sehari saja.
     
  7. Melindungi Diri dari Setan
    Puasa Ramadhan juga bisa membuat kehidupan seseorang lebih terhindar dari gangguan setan. Sebenarnya Allah SWT akan menutup pintu neraka serapat-rapatnya selama bulan suci ini, agar setan-setan di dalam neraka tersebut tidak bisa mengganggu niat hati umat-Nya untuk berpuasa.

    Oleh karena itu, umat muslim harus memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik mungkin, untuk memperbanyak pahalanya dengan beribadah. Dengan memperbanyak pahala dengan melaksanakan ibadah yang sesuai ajaran Islam seperti ini, Anda bisa lebih mudah untuk masuk surga.
     
  8. Pahala Berlipat Ganda dan Penuh Berkah
    Pahala yang didapatkan selama Ramadhan jauh lebih besar dibanding pahala yang Anda dapatkan selama melaksanakan ibadah di hari-hari biasa. Sebenarnya keutamaan puasa Ramadhan yang paling diketahui oleh umat muslim adalah keutamaan ini. Dengan berpuasa, mereka bisa memperoleh pahala yang sangat berlimpah dan bisa menjadi bekal di akhirat nanti.

Kesimpulan

Berbagai jenis keutamaan di atas pasti akan membuat umat muslim semakin bersemangat untuk berpuasa. Mulai dari masuk surga, diampuni dosa-dosanya, bulan penuh rahmat, diangkat derajatnya, mendorong seseorang untuk berbuat baik, dikabulkan doanya, terlindung dari bahaya setan, dan sumber pahala berlimpah adalah beberapa keutamaan yang dimaksud. Jadi, jangan tinggalkan kewajiban yang satu ini untuk mendapatkan beberapa keutamaan tersebut.

Kemudahan Pembayaran :

Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon