Mon, 15 Jan 2024

Mengenal dan Cara Pencegahan Penyakit Silent Killer

Walaupun beberapa waktu lalu pandemi Covid-19 pernah membuat dunia takut karena merupakan penyakit yang tergolong mematikan, tetapi ternyata masih ada penyakit jauh lebih mematikan. Penyakit tersebut dikenal dengan sebutan sebagai silent killer yang berbahaya juga. 

Bagaimana tidak sejumlah penyakit yang masuk ke dalam silent killer tersebut dapat menyebabkan adanya kematian mendadak. Bahkan para korbannya juga tidak akan menunjukkan gejala sama sekali sebelumnya. 

Padahal kalau dilihat lebih dalam lagi penyakit yang masuk ke dalam kategori tersebut cukup berbahaya. Untuk memahami lebih lanjut mengenai penyakit silent killer tersebut, maka silahkan simak penjelasannya di bawah ini. 

Sekilas Tentang Penyakit Silent Killer
Mempunyai kondisi tubuh yang sehat dan bugar memang menjadi keinginan bagi semua orang baik anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Sebab dengan tubuh sehat, Anda bisa lebih leluasa dalam bergerak aktif ataupun melakukan kegiatan produktif lainnya. 

Sayangnya walaupun sudah menjaga kesehatan tubuh, tetapi tidak sedikit dari masyarakat justru mengalami sakit tanpa diketahui asal-muasalnya, di sisi lain justru terdapat kematian mendadak yang terjadi. Kondisi ini mungkin disebabkan karena mereka menjadi korban penyakit silent killer.

Jadi penyakit silent killer adalah penyakit yang awalnya tidak memperlihatkan gejala sama sekali, namun dapat merenggut nyawa seseorang secara mendadak. Bahkan seringkali, penanganannya terlambat dan penderita sudah diambang kematian. 

Dari sinilah menjadi PR penting bagi masyarakat agar mengetahui lebih lanjut mengenai penyakit silent killer tersebut. Dengan begitu dapat melakukan deteksi lebih awal serta bisa meminimalisir adanya risiko lebih parah. 

Jenis dan Cara Pencegahan Penyakit Silent Killer 

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa penyakit ini tergolong sebagai penyakit berbahaya karena dapat merenggut nyawa seseorang. Fakta sebagian besar dari kematian yang terjadi di dunia diakibatkan karena silent killer tersebut. 

Terdapat sejumlah penyakit yang sebenarnya masuk ke dalam golongan silent killer tetapi tidak banyak diketahui oleh masyarakat. Untuk informasi lebih detail, berikut beberapa jenis penyakit tersebut dan cara penyembuhan. 

  1. Diabetes 
    Penyakit diabetes disebabkan karena kandungan gula darah yang terdapat di dalam tubuh meningkat. Tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, tetapi diabetes juga dapat terjadi pada remaja atau anak-anak. 

    Gejala yang dirasakan oleh para pasien biasanya akan dirasakan apabila kondisinya sudah parah. Beberapa gejala tersebut diantaranya adalah kulit lecet dan mudah terinfeksi bakteri atau jamur, komplikasi pada mata hingga kerusakan saraf. 

    Untuk pencegahan penyakit diabetes tersebut biasanya adalah dengan menjalani diet sehat rendah gula, melakukan kegiatan olahraga secara teratur hingga gaya hidup sehat. Anak dengan orang tua penderita diabetes sebaiknya juga harus melakukan skrining. 
     
  2. Kanker 
    Kanker termasuk ke dalam penyakit silent killer karena kemunculannya sulit terdeteksi sejak awal. Bahkan di fase awal, penyakit tersebut juga tidak akan menunjukkan adanya gejala sama sekali hingga ukuran dari kanker semakin membesar nantinya. 

    Hingga saat ini, penyebab dari penyakit tersebut ternyata masih belum jelas, tetapi bisa juga disebabkan karena faktor genetik dan eksternal. Penuaan juga menjadi salah satu risiko terjadinya penyakit tersebut. 

    Gejala yang muncul oleh setiap pasien biasanya berbeda-beda, tetapi paling umum adalah penurunan berat badan cukup drastis dan mudah merasa lelah. Untuk kanker payudara biasanya akan menyebabkan benjolan di sekitar area payudara. 
     
  3. Kardiovaskular 
    Penyakit kardiovaskular merupakan jenis penyakit yang dapat menyerang jantung sekaligus pembuluh darah. Ini juga termasuk ke dalam penyakit mematikan di dunia dengan gejala yang tidak jelas. 

    Namun penyebab utama dari penyakit jantung serta stroke adalah karena adanya masalah pembuluh darah. Terutama adanya penyumbatan dimana menghalangi aliran darah menuju ke bagian otak dan jantung. 

    Gejala dari penyakit kardiovaskular sangat beragam misalnya pada penyakit jantung seperti rasa nyeri di bagian dada menjalar hingga leher, rahang hingga sesak napas. Sedangkan strok biasanya keseimbangan dan koordinasi tubuh menjadi terganggu. 

    Cara utama dalam melakukan pencegahan penyakit kardiovaskular adalah menerapkan pola hidup sehat. Misalnya saja adalah rutin berolahraga serta makan makanan bernutrisi dan menghindari asap rokok. 
     
  4. Hipertensi 
    Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi dimana tekanan darah tubuh seseorang di atas batas normal. Ini juga termasuk ke dalam penyakit mematikan karena gejala sulit terdeteksi kecuali menggunakan bantuan alat ukur. 

    Walaupun tidak terdapat gejala spesifik, tetapi pasien biasanya akan mengeluhkan sakit kepala, penglihatan kabur, jantung berdebar-debar, rasa nyeri hingga mudah lelah. Penyakit hipertensi juga bisa mengakibatkan kondisi lainnya seperti serangan jantung. 

    Hampir sama dengan penyakit lainnya, untuk pencegahan hipertensi biasanya harus menerapkan gaya hidup sehat. Serta membatasi konsumsi garam agar tidak sampai 1 sdt per hari. 
     
  5. Hepatitis 
    Hepatitis adalah kondisi yang menyebabkan adanya peradangan pada hati dan diakibatkan karena infeksi virus. Virus hepatitis sendiri dibagi ke dalam beberapa tipe yakni A, B, C, D dan E. 

    Tetapi berdasarkan dengan data WHO, hepatitis C merupakan pembunuh diam yang mampu merenggut nyawa tanpa disadari. Cara mencegah hepatitis adalah meminimalisir kontak dengan penderita, rajin mencuci tangan, hindari alkohol hingga kurangi mobilitas. 

Kesimpulan

Penyakit silent killer menjadi penyakit yang sangat berbahaya karena bisa merenggut nyawa seseorang secara diam-diam. Berikut kesimpulan dari penjelasan mengenai penyakit diatas: 

  1. Silent killer adalah penyakit yang gejalanya sulit atau tidak dapat terdeteksi sejak dini sebelum penderita mengalami kondisi parah.
  2. Terdapat sejumlah penyakit yang masuk seperti kardiovaskular, kanker, diabetes, hipertensi hingga hepatitis.
  3. Untuk pencegah utama dari penyakit silent killer adalah mulailah menerapkan gaya hidup sehat. 

    Mempunyai tubuh yang sehat adalah kunci agar bisa mencapai kebahagiaan selama hidup. Namun sebagai bentuk berjaga-jaga, pastikan juga memahami apa itu penyakit silent killer yang bisa merenggut nyawa mendadak.

Kemudahan Pembayaran :

Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon