Fri, 31 May 2024

Apa Itu Frugal Living? Panduan Lengkap untuk Hidup Hemat dan Bahagia

Frugal Living merupakan gaya hidup hemat yang sangat memperhatikan untuk mengeluarkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup, membeli barang, dan membayar sesuatu untuk sehari-hari.

Sering kali Frugal Living disamakan dengan hal yang Pelit, namun pada kenyataannya itu dua hal yang berbeda. Singkatnya, Frugal Living sangat memperhatikan bahwa barang atau yang kita inginkan itu berkualitas bagus dan benar-benar yang dibutuhkan. Sedangkan, Pelit adanya rasa takut untuk membeli barang yang cukup murah dengan kualitas yang biasa.

Untuk menerapkan Frugal Living yang positif di kehidupan sehari-hari, dapat dilakukan dari yang yang sederhana sebagai berikut:

  1. Memakai dan Menggunakan Barang yang Berkualitas
    Memanfaatkan barang yang berkualitas dengan memakai dan menggunakannya dapat mengehemat keuangan karena kualitas dari barang tersebut bagus dan tahan lama, sehingga kecil kemungkinan untuk mengganti barang dengan kualitas yang bagus dengan harga yang terjangkau.
     
  2. Dapat Memanfaatkan Diskon untuk Membeli Barang
    Jika memiliki rencana untuk membeli barang, hendaknya cek terlebih dahulu apakah terdapat diskon untuk barang yang ingin dibeli. Karena, diskon dapat menghemat pengeluaran untuk membeli produk yang dibutuhkan dan lebih efisien jika harganya lebih terjangkau.
     
  3. Dapat Mengatur Budget untuk Makan Sehari-hari
    Mempersiapkan pendanaan untuk makan sehari-hari sangat penting untuk mengatur pemngeluaran yang efisien. Pastikan porsi makan yang cukup dan tidak berlebihan, memilih harga bahan makan yang terjangkau untuk beberapa hari kedepan, dan tentukan maksimal budget untuk makanan per hari.
     
  4. Menanam Sayuran dan Buah di Sekitar Rumah
    Menanam sayur dan buah-buahan di sekitar rumah dapat menambah bahan makanan untuk sehari-hari sehingga dapat menghemat pengeluaran untuk makanan sehari-hari.

Frugal Living memiliki banyak manfaat positif untuk sehari-hari karena memiliki gaya hidup yang hemat dan berkualitas, maka dari itu bisa dilakukan dari awalan yang mudah dilakukan terlebih dahulu. Sampai jumpa di Life Blog selanjutnya, salam sehat!

Sumber : cnbcindonesia.com

Kemudahan Pembayaran :

Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon