Mon, 28 Aug 2023

Pendidikan Itu Bukan Hanya Tentang Sekolah

Sekolah adalah lembaga yang pertama kali terlintas dalam benak banyak orang ketika membahas pendidikan. Beberapa dari mereka bahkan mempunyai anggapan bahwa untuk mendapatkan pendidikan yang baik maka orang tua harus menyekolahkan anak di sekolah yang mahal.

Padahal pendidikan bukan hanya tentang sekolah apalagi mengenai nominal. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti dari kata pendidikan adalah proses, cara, atau perbuatan mendidik. Hal ini menjelaskan bahwa pendidikan meliputi proses atau perbuatan mendidik.

Walaupun sebagian proses mendidik siswa berlangsung di sekolah, faktanya pendidikan pertama dan utama bagi seorang anak adalah keluarga. Sebelum masuk ke dunia pendidikan formal seperti sekolah, seorang anak akan lebih dulu mendapatkan pendidikan dari keluarganya, baik langsung maupun tidak langsung.

Anak adalah peniru ulung, ia dapat menirukan segala hal yang pernah ia lihat dan dengar. Oleh sebab itu, segala tindakan anggota keluarga dapat memberikan pengaruh kepada anak termasuk pengaruh terhadap pendidikannya.

Syukur, dkk. (2023: 187) dalam buku yang berjudul Pendidikan Anak dalam Keluarga menjelaskan,

Keluarga harus ambil peran penting untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia. Peranan orang tua dalam keluarga begitu penting untuk memberikan pendidikan anak menghadapi tantangan zaman.

Berdasarkan penjelasan tersebut, orang tua mempunyai andil dalam keberhasilan pendidikan. Jadi, pendidikan bukan hanya tentang sekolah. Orang tua pun mempunyai peran dalam menciptakan pendidikan yang baik bagi kehidupan.

Sumber: kumparan.com

Kemudahan Pembayaran :

Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon