Mon, 22 Jul 2024

Apa Itu Self Reward? Ini Pengertian dan Peran Pentingnya

Baru-baru ini istilah self reward mulai sering dibahas oleh banyak orang. Namun, tidak semua orang tahu arti sebenarnya dari istilah ini. Sebenarnya, self reward merupakan konsep yang luas dan fleksibel serta dapat dilakukan oleh setiap individu. Hanya saja, kamu juga perlu memahami peran pentingnya. Untuk itu, simak dengan baik informasi lengkapnya di sini!

Apa Itu Self Reward?

Orang-orang menyebutnya sebagai hadiah yang dapat diberikan ke diri sendiri untuk menghargai pencapaian yang berhasil dilakukannya. Dengan menghargai pencapaian diri sendiri seperti ini, seseorang dapat lebih termotivasi untuk menjalani hidupnya dengan baik. Maka dari itu, self reward dikatakan penting bagi sebagian besar orang.

Selain itu, ada juga sebagian orang lainnya yang mengartikan istilah ini sebagai praktik yang tidak hanya bisa memotivasi diri, tapi juga mampu mencegah stres selama menjalani hidup. Self reward tidak hanya bisa berupa hadiah fisik saja, tapi bisa berupa bentuk lainnya. Setelah ini, kami juga akan membahas tentang contoh-contoh self reward yang layak dicoba.

Contoh Self Reward

Ada beberapa orang yang lebih suka memberi hadiah berupa makanan, gadget, dan produk fashion sebagai penghargaan untuk diri sendiri. Namun, sebenarnya bentuk penghargaan dan motivasi diri ini tidak hanya bisa berupa hadiah fisik saja, tapi juga beberapa hadiah sederhana seperti di bawah ini:

  1. Menonton Drama Favorit
    Setelah lelah bekerja sepanjang hari, kamu boleh menghabiskan waktu luang dengan menonton drama favorit. Hal ini bisa menjadi contoh sederhana dari self reward, karena kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menghargai usaha diri sendiri. Yang terpenting adalah kamu senang setelah menonton drama favorit ini, sehingga muncul rasa semangat lagi untuk bekerja dan meraih pencapaian-pencapaian tertentu.
     
  2. Tidur Siang
    Ada yang lebih sederhana lagi dibanding contoh sebelumnya. Tidur siang juga bisa menjadi bentuk penghargaan serta hadiah, setelah seseorang meluangkan waktunya untuk bekerja maupun melakukan suatu kegiatan tertentu. Sempatkan diri kamu untuk istirahat selama kurang lebih 15-30 menit di sela-sela kesibukan, agar kreativitas dalam diri kamu bisa kembali meningkat dan termotivasi untuk bekerja dengan baik.
     
  3. Bermain dengan Hewan Peliharaan
    Biasanya, semangat dalam diri seseorang bisa timbul kembali setelah bertemu dengan hewan peliharaannya. Tentu motivasi diri ini akan semakin meningkat, ketika kamu bermain dengan hewan peliharaan tercinta di sela-sela kesibukan. Maka dari itu, bermain dengan hewan peliharaan di rumah juga bisa menjadi salah satu bentuk self reward yang sangat sederhana.
     
  4. Membeli Produk yang Telah Diinginkan Sejak Jauh-Jauh Hari
    Jika membahas tentang contoh self reward yang paling sering dilakukan oleh banyak orang, maka kita tidak boleh melewatkan contoh yang satu ini. Sebab, ada lebih banyak orang yang memberikan self reward ini kepada diri sendiri, untuk menghargai semua usaha yang telah dilakukannya selama ini. Produk ini bisa berupa makanan, gadget, maupun produk lainnya yang sesuai dengan hobi kamu.

Manfaat Self Reward

Sebagian orang menganggap hadiah penghargaan untuk diri sendiri ini hanyalah bentuk narsistik dari diri seseorang saja. Namun, sebenarnya manfaatnya untuk kehidupan setiap individu sangatlah besar. Simak beberapa manfaatnya berikut ini yang akan kami jelaskan satu per satu:

  1. Mengungkapkan Cinta kepada Diri Sendiri
    Cintai diri sendiri sebelum mencintai orang lain. Nasihat ini sudah sering diberikan oleh banyak orang. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuktikan bahwa kamu mencintai diri sendiri, salah satunya adalah dengan memberi self reward setelah bekerja ataupun meraih suatu pencapaian tertentu.

    Sebab, seseorang akan lebih termotivasi untuk selalu mengembangkan dirinya. Selain itu, mereka juga dapat merasa lebih dihargai, karena telah berupaya keras untuk mencapai suatu prestasi tertentu.
     
  2. Mengatasi Penat dan Stres Setelah Bekerja Keras
    Stres tentu menjadi musuh bagi semua orang, karena hal ini dapat menghambat kehidupannya. Maka dari itu, setelah mencapai suatu prestasi tertentu, kamu dapat memberi hadiah kepada diri sendiri sebagai bentuk penghargaan setelah melalui proses yang sulit. Tidak hanya itu, self reward juga bisa menjadi obat yang efektif untuk mengatasi penat, karena secara tidak langsung kamu telah memanjakan diri sendiri.
     
  3. Bentuk Penghargaan
    Sebenarnya peran paling penting dari self reward adalah sebagai bentuk penghargaan atas pencapaian yang telah berhasil diraih seseorang. Jadi, self reward bukanlah tindakan yang berlebihan, karena hal ini akan memberikan pengaruh positif ke diri sendiri. Salah satu pengaruhnya adalah untuk membuat diri sendiri bahagia dan lebih termotivasi untuk mencapai suatu keberhasilan.
     
  4. Hak untuk Bersenang-senang bagi Semua Orang
    Kamu perlu memberi hadiah kepada diri sendiri setelah melakukan pekerjaan yang berat. Sebab, semua orang memiliki hak untuk bersenang-senang, terutama setelah melalui masa-masa yang sulit. Self reward bisa diberikan dalam bentuk istirahat, melakukan hobi, dan memberi hadiah yang sesuai keinginan. Bahkan, ada juga sebagian orang yang melakukan hal ini dengan berlibur ke luar negeri.

Self reward tidak bisa dianggap sebagai tindakan berlebihan, karena pengaruhnya sangat besar terhadap perkembangan diri suatu individu. Tidak hanya dapat menjadi bentuk penghargaan setelah meraih suatu prestasi tertentu, tapi juga dapat memberikan motivasi yang lebih optimal kepada diri seseorang untuk menjalani hidup dengan baik.

Jadi, jangan pernah malu dan cemas setelah memberi self reward kepada diri sendiri, karena kamu berhak untuk bersenang-senang setelah melakukan pekerjaan yang berat.

Kemudahan Pembayaran :

Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon Payment Icon